Berbeda dengan ibadah lain, ibdah haji dan umroh adalah diantara ibadah yang paling banyak menggunakan fisik. Banyak tatanan pelaksanaan di kedua ibadah ini tidak hanya mengandalkan do’a, tapi menggabungkan jasmani dan mental. Sebut saja, Sa’I, yakni berlari kecil antara Safa dan Marwah sebanyak 7 kali, lalu Tawaf, ibadah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Sedangkan untuk ibadah haji ditambahkan dengan Wukuf di Arafah dan lempar batu Jumrah

Diantara ritual ibadah yang menjadi rukun dalam ibadah haji dan umroh, adalah Tawaf. Ka’bah yang berupa bangunan batu yang dikitari oleh jamaah merupakan simbol dari sentralisasi atau pusat pusaran Allah SWT dari gerak kehidupan manuasi sebagai makhluk Allah SWT.

Tawaf yang menglilingi K’bah sebagi perwujudan dari kepatuhan umat muslimin kepada Allah SWT. manusia hidup tidak hanya untuk diri sendiri, tapi segala aktifitas hidupnya hanya berlandaskan dan bertujuan kepada Allah SWT.

Mengelilingi Ka’bah dalam tawaf menjelaskan mengenai rotasi bumi sendiri serta rotasi bumi menelilingi matahari yang juga menandakan waktu siang dan malam. banyak penafsiran mengenai jumlah 7 keliling Ka’bah. Penafsiran yang banyak diamini oleh ilmuwan muslim dalah simbol 7 berarti pengerakan alam semesta secara terus menerus tanpa henti. Ini berarti selama 24 jam 7 hari dalam seminggu, umat muslim selalu mendekatkan diri kepada Allah setiap saat selama hidupnya. Makna tawaf termaktub do’a dalam sholat:

“inna shlaati wa nusuky wa mahyaaya wa mamaaty lillahi robil ‘alamin”

“Sesungguhnya, shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku adalah milik Allah SWT, Rob seluruh alam”

Kapan Waktu Afdol Dalam Tawaf

Tak ada aturan waktu dalam melakukan tawaf. Waktu tawaf biasanya berdasarkan kebiasaan jamaah. Beberapa jamaah terbiasa melakukan tawaf pada pagi, siang , sore. Tapi cuaca Mekkah pada bulan Mei hingga September sangat panas hingga mencapai 45 derajad celciyus, banyak jamaah, khususnya jemaah asal Indonesia dan Asia Tenggara lebih memilih waktu pagi atau sore hari atau ba’da magrib.

Pada ba’da Maghrib hingga pukul 20.00 waktu setempat, inilah terjadi kepadataan jamaah. Padatnya jemaah semakin bertambah dengan aktivitas renovasi Masjidil Haram, yang masih berlangsung hingga kini

Lalu kapan Masjidil Haram lenggang? Pada umumnya, jemaah mulai mengincar lewat pukul 20.00. Seperti yang dilakukan jamaah Dreamtour, mereka lebih memilih waktu malah hari dalam melaksanakan ibadah tawaf. Di waktu itu, jamaah dapat lebih nyaman dan terhindar dari sengatan sinar matarahari untuk memuji kebesaran Allah SWT.