Yuk Lihat Isi Percetakan Al Qur’an Terbesar Di Dunia

Di bulan Ramadhan yang mulia, kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca dan mengkaji Al Qur’an. Banyak hadist shahih yang menyatakan akan melipatgandakan pahala bila kita membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan. Tapi tahukah kamu di antara kitab Al Qur’an yang kita baca bisa jadi berasal dari Arab Saudi. Di negara ini, tepatnya di kota Madinah terdapat percetakan Al Qur’an terbesar di dunia.

Nama percetakan Al Quran di kota Madinah ini adalah Mujamma’ al-Malik Fahd Lithiba’ati asy-Syarif atau Kompleks Percetakan Al Qur’an Raja Fahd. Peletakan batu pertama pabrik percetakan Al Qur’an dilakukan oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz pada tahun 1983 atau 1403 H dan membuka secara resmi pada dua tahun kemudian.

Di tempat ini sekitar 10 juta kopi Al Qur’an dan terjemahan berbagai bahasa diterbitkan per tahunnya lalu didistribusikan ke seluruh dunia. Selain itu, percetakan ini juga mencetak jutaan kopi buku hadist Rasulullah dan buku-buku tentang Islam. Melalui pabrik ini, pemerintah Arab Saudi berupaya membantu umat muslim dari seluruh dunia untuk mengenal ajaran agama Islam.

Untuk mencetak jutaan kopi Al Qur’an dan buku Islami, pabrik ini telah memiliki puluhan alat cetak modern dan besar yang mempunyai kecepatan cetak 10 ribu lembar perjamnya. Di dalam bagian penjilidan, juga terdapat lebih dari 60 mesin jilid yang mampu menjilid ribuan kitab Al Qur’an dan buku-buku Islam dalam ribuan jilid perjamnya. Ratusan pengunjung dari seluruh dunia, termasuk jemaah umroh dari Dream Tour setiap harinya melihat dengan kagum akan begitu besarnya pabrik ini.

Lalu bagaimana menjaga keotentikan Al Qur’an dan Hadist yang diterbitkan secara massal dan cepat ini? Untuk mengantisipasi kesalahan, pabrik ini memiliki lembaga khusus yang terdiri dari sekitar 600 ulama yang memiliki spesialisasi dalam bidang tajwid, qiraat dan rasm. Mereka akan meneliti dengan jeli setiap huruf dalam setiap lembarnya. Tak sampai di situ, lembaran hasil koreksi dari lembaga ini akan diteliti kembali oleh ulama-ulama besar.

Dengan melewati begitu banyaknya lembaga yang mengedit isi percetakan, dijamin kesalahan Al Qur’an dan Hadist yang diterbitkan oleh Kompleks Percetakan Al Qur’an Raja Fahd ini menjadi sangat minim. Sehingga kita pun dengan tenang membaca Al Qur’an. Karena apa yang kita baca Insya Allah akan sama dengan wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah